You Are Here: Home - Daar El-Qolam , Santri , Tangerang - Internet Membuka Mata Santri untuk Berdakwah


Yusuf Widiyanto
(Pondok Pesantren Daar El-Qolam, Desa Pasir Gintung Kecamatan Jayanti Kabupaten  Tangerang - Banten)

Banyak hal yang dapat saya ambil manfaatnya dari pelatihan yang diadakan PT Telkom dan Republika melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) ini. Internet yang kami anggap belum bermanfaat menjadi terasa manfaatnya setelah mengikuti pelatihan Internet Pesantren Wahana Syiar Digital. Kehadiran para pakar khususnya bidang jurnalistik, pengenalan internet, teori dan pembuatan webblog telah membuka mata para santri untuk berdakwah di dunia internet.

Ini menjadi pemacu santri untuk mengembangkan webblog yang diisi dengan kontent konstruktif yang pada akhirnya akan menjadi penetrasi informasi di dunia maya. Disamping itu webblog akan dapat membangun jaringan dengan teman temannya khususnya antar Pondok Pesantren, sehingga akan tercipta komunikasi aktif diantaranya dan dapat saling berbagi pengalaman tentang kepesantrenan,


Sebaiknya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi utamanya internet, jangan dipahami sebagai ancaman bagi berlangsungnya syiar Islam. Internet dalam konteks dakwah Islam mesti dijadikan media menyampaikan nilai, norma, pengetahuan, dan dakwah.

Pertumbuhan pengguna internet secara global maupun nasional yang terus menunjukkan kenaikan, saat ini baru dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, periklanan, dan media pembelajaran, sedangkan santri belum mengambil porsi sebagai media dakwah. Semoga program Santri Indigo dapat menjadi pemacu para santri untuk mengisi internet dengan dakwah agar internet dapat lebih berguna bagi umat Islam pada khususnya. (Slamet Riyanto)