You Are Here: Home - Berita Utama , Pembicara - Bersyukur Karena Buta

Eko Ramaditya Adikara, bukanlah jurnalis dan music composer game biasa. Malahan saat menjadi pembicara pada pelatihan Santri Indigo di Yogyakarta pekan lalu, dia mampu membuat para santri kagum dan lebih termotivasi.

''Meskipun dia seorang tuna netra dia mempunyai kemampuan yang mengagumkan dan menggugah motivasi saya untuk bisa lebih baik darisekarang,''kata Asna Fitriani dari Pondok Pesantren Al-Imdad Pandak, dengan mata berkaca-kaca.

Hal senada juga dikemukakan Reza dari Pondok Pesantren Khoirunnas. ''Saya paling senang dengan materi yang disampaikan Mas Rama. Meskipun dia tidak bisa melihat ternyata kemampuannya luar biasa. Sehingga bisa memberikan bagi motivasi saya,''ungkap dia di sela-sela acara Pelatihan Santri INdigo yang populer pula disebut Wahana Syiar Digital, Tahap II Angkatan I yang diselenggarakan PT Telkom dengan HU Republika, di Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum, Yogyakarta, Kamis (29/10).

Pada kesempatan ini Rama (panggilan akrab Eko Ramaditya Adikara) memotivasi 100 santri dengan menampilkan biografinya hingga dia menjadi seorang music composer game. Musik game yang diaransemen sendiri banyak digunakan oleh sejumlah games di luar negeri, termasuk game dari Jepang "Super Mario Galaxi" sejak tahun 2006 hingga kini. Dan, pada tahun 2010 akan dilaunching karyanya untuk Super Mario Galaxi II di Jepang.

Rama memang pria hebat. Pada pelatihan itu dia mengatakan, walaupun sebagai seorang tunanetra, dia bisa menjadi blogger. Semua tulisan yang ada diblog-nya yang diberi tema "Siapa bilang seorang tuna netra tidak bisa nge-blog?" ditulisnya sendiri.

Rama dikenal sebagai blogger tunanetra pertama di Indonesia dan sekaligus di Asia Tenggara. Rama mengaku sebagai seorang tunanetra, dia sangat terbantu dengan kecanggihan teknologi. Dia membuat blog sejak tahun 2003, dan pada perjalanannya dia pun bisa melakukan perbaikan peralatan komputer dan memberikan pelatihan komputer bagi orang normal (red.bisa melihat).

Karena kreativitasnya di bidang music composer game, Rama pernah mendapat undangan ke Jepang dan ke Thailand. Belum lama ini Rama juga terpilih sebagai icon indigo fellowship yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia.

Di hadapan para santri dari 40 pondok pesantren di DIY dan sekitarnya,

Rama memberi tip-tip untuk menjadi blogger yang berhasil. Tips itu diantaranya, harus punya tema blog seperti tema blog yang dibuatnya "Siapa bilang tunanetra tidak bisa nge-blog", konsistensi untuk posting minimal seminggu sekali, mencari teman yang mau membaca blognya.

Rama mengaku sangat bersyukur menjadi seorang tunanetra. Karena dengan menjadi seorang tunanetra dia justru diberi Allah kemampuan yang lebih. ''Alhamdulillah meskipun buta, banyak nikmat yang saya dapatkan dalam hidup ini. Meskipun saya buta, saya tidak minder dan karena saya tidak bisa melihat Insya Allah saya terhindar dari zina mata,''tutur kata Rama. neni/yto