You Are Here: Home - Berita Utama , Magelang , Pabelan , Santri Indigo - Sambutan MANAJEMEN Telkom Magelang

Sambutan MANAJEMEN Telkom
pada Acara “SANTRI INDIGO” Angkatan ke-4 Tahun ke-3
MAGELANG, 27 SEPTEMBER 2011


Asalamu’alaikum Warahmatullahi wa Barakatuh,
Yth.    Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan Magelang,
Yth.    Pimpinan Harian Republika,
Yth.    Para instruktur Pelatihan,
Yth.    Para Peserta Pelatihan ”Santri Indigo”, Serta hadirin yang berbahagia,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena hanya atas rahmat dan karunia-Nya lah kita bisa hadir di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat, untuk mengikuti suatu program pelatihan yang dipersembahkan Telkom dan Republika khusus bagi insan pesantren yakni program ”Santri Indigo”.


Hadirin yang saya hormati,
Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR)  Bersama Telkom dan Republika yang bertajuk “Santri Indigo” ini   sudah menginjak tahun ketiga angkatan ke-4. Syukur Alhamdulillah mendapat sambutan yang sangat positif dari insan pesantren. Mudah-mudahan kami dapat terus mengembangkan program Santri Indigo ini sehingga terus berkelanjutan dan semakin meningkat kualitasnya dari waktu ke waktu.

Program ini merupakan upaya Telkom dan Republika untuk membekali insan-insan pesantren dengan pengetahuan, pemahamam dan aplikasi teknologi telekomunikasi khususnya internet yang kini telah menjadi kebutuhan dasar. Perkembangan internet saat ini memang luar biasa. Internet telah memberikan kemudahan dalam hal berkomunikasi dan pencarian informasi tentang apapun. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi apa saja, dimana saja dan kapan saja (no limit, anywhere and anytime). Kita tinggal searching engine ke dunia maya seperti yahoo dan google, kita akan dapat semua informasi yang diinginkan.
Telkom terpanggil untuk lebih mengenalkan internet kepada insane-insan pesantren karena disadari bahwa pesantren merupaka lembaga pendidikan yang sangat strategis dalam mencetak generasi muda dan kader-kader pemimpin negeri ini di masa mendatang. Basis pesantren yang sangat kuat dengan nilai-nilai religious akan memberikan harapan lahirnya generasi penerus yang kuat nilai keimanannya dan tangguh nilai kejuangannya. Jumlah pesantren yang sangat banyak dan tersebar di berbagai pelosok egeri, juga menumbuhkan keinginan kuat Telkom untuk memberikan kontribusinya kepada insane pesantren, terutama dari sisi pembekalan teknologi telekomunikasi.

Dapat kami jelaskan bahwa saat ini Telkom tidak hanya mengelola layanan yang berhubungan dengan telekomunikasi semata, tetapi juga sudah lebih luas dengan menambahkan layanan yang berhubungan dengan informasi, media dan edutainment (IME). Sebagai perusahaan pengelola beragam layanan seperti inilah –termasuk internet di dalamnya – Telkom merasa tepanggil untuk membantu “menginternetkan” pesantren dengan fasilitas internet milik Telkom yakni Speedy.


Hadirin yang berbahagia
Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi seringkali dibarengi dengan dampak negatifnya. Begitu juga internet. Beberapa diantaranya adalah situs yang mempunyai konten bertemakan pornografi, judi, dan konten lainnya yang bertentangan dengan nilai-nilai agama dan budaya kita. Telkom berupaya untuk meminimalisasi dampak tersebut dengan melakukan blocking terhadap situs-situs tersebut sehingga tidak bisa diakses oleh penggunanya di Indonesia. Dengan demimian, diharapkan penguasaan teknologi telekomunikasi semacam internet ini dapat memberikan nilai positif yang besar. Sedangkan dampak negatifnya kita tekan seminimal mungkin.

Telkom juga berupaya untuk membuat konten-konten religious yang bisa diakses pengguna internet. Salah satunya adalah situs speedytaqwa. Speedytaqwa merupaka sebuah portal dan komunitas  islami yang dikembangkan oleh Telkom sebagai sarana komunikasi, inovasi, edukasi, dan interaksi antar umat, dengan tagline “Menjadi Insan Modern yang Bertakwa”

Situs speedytaqwa bertujuan untuk memberikan sarana yang lebih mudah dan maju dalam menuntut ilmu pengetahuan secara online khususnya pengetahuan agama sehingga terbangun generasi yang modern, serta menjadi sarana dakwah sehingga terbangun bangsa yang maju namun tetap berpegang teguh pada nilai-nilai agama.


Hadirin yang terhormat
Demikianlah hal-hal yang dapat kami sampaikan berkenan dengan pembukaan program pelatihan “Santri Indigo”. Terimakasih atas segala perhatiannya


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.